Niche 2/10/21
Kita lanjut yuk guys, kemarin kan sudah bahas orang-orang yang menerapkan ilmu akuntansi dalam pekerjaannya dan akuntansi menurut beberapa ahli. Nah, apa lagi nih yang akan kita bahas di akuntansi. Yuk simak dan kita belajar bersama.
Sekarang kita coba bahas proses dalam akuntansi, yuk. Emang ada laporan keuangan yang langsung jadi? Terus bisa dipakai buat mengambil keputusan? Ya enggak kan, pastinya ada yang membuat laporan untuk dilaporkan kepada atasan yang nantinya digunakan untuk mengambil keputusan.
Sebelum buat laporan keuangan pastinya kita harus tau dulu dong bagaimana proses dalam akuntansi itu sendiri.
1. Mencatat
Yah mencatat, semua transaksi harus selalu dicatat dalam form laporan, antara lain laporan yang harus dipakai untuk mencatat adalah laporan Petty cash, laporan penjualan, laporan pemasaran.
Proses pencatatan dalam akuntansi dikenal dengan proses pembukuan, yang berfungsi untuk mengenali transaksi dan dimasukkan ke dalam catatan pelaporan.
Dalam ilmu akuntansi pembukuan berfungsi untuk melakukan mencatat kepentingan yang rinci dan jadi laporan untuk dibuat data akhir yang disebut laporan keuangan beserta catatan atas laporan keuangan.
2. Meringkas
Transaksi yang telah dicatat dalam proses pembacaan harus diringkas kembali agar mudah dipahami oleh entitas, pengguna laporan keuangan, stakeholder, dan kreditor.
Seorang akuntan diperlukan untuk meringkas transaksi mejadi dokumen yang ringkas dan mudah dipahami oleh orang lain.
3. Melaporkan
Transaksi yang sudah dicatat dan diringkas harus dilaporkan kepada atasan. Bentuk laporan yang dilaporkan setiap akhir bulan adalah laporan laba rugi, arus kas, Petty cash,
Pembayaran cash, daftar pembayaran, laporan rencana pengeluaran, daftar permintaan barang, slip gaji, laporan klaim.
Melaporkan juga gak sembarangan laporan, dalam pembuatannya banyak step-step yang harus dilakukan. Jika salah langkah pasti sistem perusahaan akan hancur
4. Menganalisa
Terkait analisa semua perusahaan pasti mengadakan penganalisa atas masalah di suatu perusahaan. Misalnya tentang Laporan yang dikirim akhir bulan dan awal bulan.
Apa saja sih laporan yang biasanya dikirim setiap awal bulan dan akhir bulan? Nah kita coba bahas ya dan mengapa harus dianalisa.
Laporan yang amat sangat harus diperiksa dan dianalisa kembali' adalah laporan operasional, laporan arus kas dan laporan rencana keuangan. Mengapa ketiga laporan tersebut harus dianalisa? Berikut jawabannya
Laporan arus kas adalah laporan yang isinya soal penggajian karyawan, kredit bank dan
Total saldo mutasi akhir bulan. Laporan arus kas ini berfungsi untuk penggajian di akhir bulan agar saldo di rekening cukup dan tidak terjadi minus.
Laporan operasional adalah laporan yang berisi pendapatan beban dan saldo hari berjalan. Fungsinya apa ya? Sesuai judul laporan operasional digunakan untuk melihat apakah perusahaan bisa bertahan sampai akhir bulan.
Lapor rencana pengeluaran adalah laporan yang berisi perencanaan sebulan ke depan. Semua harus dilakukan dengan rencana yang matang agar cash in tercapai dengan baik dan dapat mengejar pembayaran vendor dan client.
Dari banyaknya pengertian ilmu akuntansi, semuanya memiliki tujuan yang hampir sama yaitu setiap tujuannya adalah memberikan laporan akurat yang berkaitan dengan masalah keuangan perusahaan.
Definisi akuntansi akan membantu Anda dalam menyajikan laporan secara detail mengenai pengeluaran dan pemasukan perusahaan sehingga dapat mengetahui keuntungan dan kerugian.
Komentar
Posting Komentar